mimpi

Hari ini Pan tidur sepuas-puasnyaaaaa ^^ Waktu bangun perasaan langsung gak enak, soalnya baru dapet mimpi yang mayan aneh. Biasanya Pan gak pernah ingah barusan mimpi apa, tapi kalo kebetulan dapet mimpi yang aneh kayak tadi, biasanya masih fresh di pikiran. Pan gak bakal cerita soal mimpi Pan di sini ^^ tapi pengen share beberapa fakta tentang mimpi (source : listverse, translated by Pan) :

1. Orang buta bermimpi

Orang yang tidak buta sejak lahir tetap bisa melihat banyak objek dalam mimpinya. Sedangkan orang yang buta sejak lahir tidak melihat objek-objek, tapi dalam mimpi mereka bisa merasakan banyak hal melalui indra mereka yang lainnya, misalnya indra pendengar, peraba, penciuman, dan emosi.

2. Kita lupa 90% dari mimpi kita

Setelah berjalan/beraktivitas selama 5 menit, kita lupa sebagian besar mimpi kita. Setelah 10 menit berlalu, sebanyak 90% dari mimpi kita sudah terlupakan.

3. Kita hanya memimpikan hal-hal yang kita tahu

Ketika bermimpi, kita biasanya memimpikan banyak orang tidak dikenal, tapi sebenarnya orang-orang itu adalah orang-orang yang benar-benar pernah kita lihat dalam kehidupan nyata, hanya saja mungkin kita tidak ingat/tidak terlalu memperhatikan. Selama hidup, kita telah melihat puluhan bahkan ratusan wajah yang mondar-mandir di depan mata kita, jadi kita punya persediaan karakter dalam mimpi yang tidak terbatas.

4. Tidak semua orang memimpikan objek berwarna

Berdasarkan survei, 12% orang bermimpi dalam hitam putih. Selain itu, orang-orang juga punya tema dalam bermimpi, misalnya mimpi tentang sekolah, dikejar-kejar, berlari, jatuh, dan banyak tema lainnya.

5. Mimpi berbeda dengan maknanya

Apa yang kita lihat dalam mimpi bukanlah arti dari mimpi tersebut. Pikiran di bawah alam sadar kita mencoba untuk mengumpamakan sesuatu hal dengan hal lainnya yang mirip. Misalnya seperti ungkapan yang mengatakan sebarisan semut tampak seperti sebarisan mesin yang tidak pernah berhenti bekerja. Sebaliknya, kita tidak pernah mengatakan “Matahari terbenam yang indah itu tampak seperti matahari terbenam yang indah”. Jadi apapun mimpi kita, maknanya bukanlah seperti yang kita lihat dalam mimpi itu sendiri.

6. Tubuh kita lumpuh selama bermimpi

Selama kita bermimpi, tubuh kita seakan-akan lumpuh dan tidak bisa bergerak. Menurut Wikipedia, kelenjar dalam tubuh manusia memproduksi hormon yang membuat kita tertidur pulas dan neuron mengirim sinyal ke saraf tulang belakang untuk membuat tubuh menjadi rileks dan lama-kelamaan menjadi lumpuh/tidak dapat bergerak.

7. Karya yang bersumber dari mimpi

Banyak orang menghasilkan karya yang bersumber dari mimpinya. Mary Shelley menuliskan kisah terkenalnya, Frankenstein, setelah bermimpi tentang monster tersebut. Elisa Howe adalah penemu mesin jahit yang sangat populer di abas 19. Ia mengatakan bahwa ia mengalami mimpi tentang sekelompok kanibal yang bersiap-siap untuk memasaknya. Mereka menari di seputar api yang menyala sambil mengayun-ayunkan tombak mereka ke atas dan ke bawah. Howe memperhatikan bahwa di ujung tombak mereka ada sebuah lubang kecil, yang kemudian memberinya ide untuk menemukan jarum jahit. Pada tahun 1953, James Watson dan Francis Kirk menemukan struktur DNA. Watson mengatakan bahwa ide itu datang padanya setelah bermimpi tentang tangga spiral. Beberapa hari sebelum kematiannya, Abraham Lincoln bermimpi tentang acara pemakaman yang dihadiri oleh beratus-ratus orang. Dalam mimpi itu, seorang prajurit memberitahunya bahwa sang Presiden baru saja terbunuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: